Cap Go Meh Bogor 2012, Laporan Pandangan Mata

Setelah sekian kali Cap Go Meh diselenggarakan di Bogor, karena tinggal jauh dari pusat kota,  akhirnya baru hari ini saya ikut menyaksikannya.

Saya dan  seorang kawan wartawan foto amatiran yang kerap hadir pada acara keramaian, tiba di TKP sekitar pukul 20:00. Sebelumnya kami harus berjalan kaki dari pertigaan SMA 1 Jalan Juanda karena banyak jalan yang ditutup dalam rangka menyukseskan perayaan hari ke-15, yaitu hari terakhir perayaan tahun baru China ini.  Kata Cap Go Meh sendiri berasal dari bahasa China Hokkian. Cap berarti sepuluh, Go lima dan Meh berarti malam. (Wikipedia)

Dari Pertigaan Juanda terlihat masyarakat berbondong-bondong menuju Vihara Dhanagun yang menjadi titik awal kirab atraksi Barongsai. Mendekati Vihara Dhanagun, pengunjung semakin membludak, menyulitkan kami untuk merangsek melihat dari dekat segala macam atraksi.  Membludaknya penonton mengindikasikan hausnya masyarakat Bogor akan hiburan setelah hari-harinya selalu dihiasi oleh kemacetan lalu lintas juga beban hidup lainnya. Menurut seorang anggota atraksi Barongsai, kirab Cap Go Meh tahun ini diikuti oleh sekitar 25 perkumpulan Barongsai yang berasal dari daerah  Bogor dan sekitarnya, Sukabumi, Depok, Serpong, dll.

Acara yang dimulai pada pukul 16:00 dan dibuka oleh  Gubernur Jawa Barat ini menyedot banyak perhatian masyarakat luas, mulai dari dewasa, anak-anak bahkan bayi pun terlihat hadir. Untuk mengetahui keramaian acara ini, kami berjalan mengikuti kirab di sepanjang Jalan Suryakencana, Jalan Siliwangi, hingga titik akhir kirab yaitu Jalan Batu Tulis di mana terdapat Vihara Bhudasena. Jalanan memang begitu padat, terutama sepanjang Jalan Suryakencana dan perempatan Gang Aut, apalagi setelah peserta kirab pertama yang banyak membawa Joli (pandu yang berisi patung dewa) kembali  ke Vihara Dhanagun berpapasan dengan peserta kirab yang menuju titik akhir, maka semakin sibuklah para petugas keamanan untuk menyingkirkan para penonton yang ada di tengah jalanan.

Karena padatnya ruas jalan yang dilalui kirab ini, maka kirab sering mengalami kemacetan.  Di situasi macet,  para peserta kirab menggunakan kesempatan ini untuk beristirahat. Para pembawa Barongsai  dengan menggunakan tongkat terlihat kelelahan karena mereka harus meliuk-liukan Naga yang panjang. Namun mereka tetap bersemangat, apalagi bila ada yang memberi angpow ke mulut sang Naga. Para penabuh bedug pun tak kalah semangatnya. Suasana seakan seperti malam takbiran tanpa takbir karena bedug di Indonesia sudah identik dengan Idul Fitri dan penanda waktu sholat. Dari sejarahnya bedug memang berasal dari China yang dibawa ke Indonesia oleh Laksamana Cheng Ho.

Perayaan Cap Go Meh Bogor yang dikenal juga dengan sebutan Bogor Street Festival yang pada tahun ini bertemakan “Menjalin Persatuan Bangsa Dalam Ragam Budaya” akan berakhir pada malam ini pukul 24:00.

Sesuai dengan tema, maka acara kirab tidak hanya diisi dengan atraksi Barongsai, namun ada juga atraksi kesenian Sunda seperti calung dan angklung. Makanya tidak heran bila saya melihat banyak peserta kirab yang memakai ikat kepala Sunda. Namun sayang, akibat datang terlambat, saya hanya bisa melihat kirab Barongsai sambil berjuang berdesakan dengan penonton lainnya.

Semoga perayaan Cap Go Meh di Bogor bisa menjadi salah satu komponen pemersatu masyarakat Bogor, seperti apa kata Bapak Gubernur Ahmada Heryawan dalam sambutannya di acara in yang saya kutip dari Republika.co.id, “Seluruh umat adalah satu meski berbeda agama, budaya dan warna kulit tapi berasal dari satu Tuhan yang sama yakni Tuhan Yang Maha Esa.” 1T

About isonetea

akupunkturis tinggal di Bogor. Blog ini adalah blog tidak berbayar sehingga tidak luput dari iklan, oleh karena itu mohon mahap bila ada iklan yang tidak sopan muncul di blog ini.
This entry was posted in Sosial Budaya and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s