Menghilangkan Cegukan dengan Pijat

Setiap dari kita pasti pernah mengalami cegukan. Bunyi hik yang timbul dari cegukan dan juga hentakan dada saat bunyi itu keluar tentu saja sangat mengganggu. Apalagi jika cegukan ini berlangsung lama, tentu saja sangat mengganggu aktifitas kita.

Menurut scientificamerican.com, cegukan terjadi akibat otot diafragma dan otot-otot yang membantu proses inspirasi (bernafas) berkontraksi secara tiba-tiba dan sangat kuat, sedangkan otot-otot ekspirasi (mengeluarkan nafas) jadi terhambat bergerak. Saat otot diafragma mulai kontraksi, glottis (pita suara)  menjadi terjepit (tertutup) sehingga menimbulkan suara “hik”.

Banyak yang diduga menjadi penyebab terjadinya cegukan, di antaranya bisa karena makan yang terlalu cepat, minum air dingin setelah makan makanan panas, tertawa atau batuk terlalu keras, makan makanan yang sangat panas atau pedas, lambung menjadi kembung dan asam lambung masuk ke esophagus (kerongkongan), iritasi pada syaraf diafragma, bisa karena adanya lesi (luka) pada persyarafan, atau karena gangguan metabolic khususnya gagal ginjal.

Cegukan atau nama lainnya Phrenospasm menurut Pengobatan Tradisonal China disebut E Ni disebabkan karena lambung terserang faktor penyebab penyakit dingin, salah makan atau karena adanya stagnasi qi sehingga mengakibatkan adanya qi lambung berbalik arah (normalnya qi lambung mengalir ke bawah).  Cegukan biasanya dibagi menjadi tiga, yaitu dingin di lambung, akumulasi makanan dan stagnasi qi (aliran qi terhambat).

Pengobatan dengan akupresur, yaitu dengan menekan titik akupunktur BL 1 (Jingming), KI 1 (Yongquan) atau LU 11 (Shaoshang).

Photos ©tcmdiscovery.com

Pertama, tekan titik KI 1 yang terletak di sepertiga bagian atas telapak kaki (lihat gambar). Tekan pada salah satu kaki selama 1-2 menit dengan tenaga yang cukup kuat namun masih dalam batas toleransi pasien. Biasanya cegukan akan menghilang selama penekanan.

Jika tidak berhasil tekan titik BL 1 yang terletak di bawah alis mata ujung dalam (lihat gambar). Tekan dengan ibu jari secara bilateral, maksudnya titik tersebut ada pada dua tempat, yaitu sebelah kanan dan kiri. Tingkatkan tekanan secara bertahap sampai pasien merasa kesakitan. Minta pasien untuk menarik nafas dalam dan menahan nafas selama yang ia bisa. Biasanya 30 detik kemudian cegukan hilang.

Jika masih tetap cegukan, tekan titik LU 11 yang terletak di sudut sisi dalam kuku ibu jari. Tekan titik LU 11 ibu jari pasien sebelah kiri dengan ibu jari sampai terasa sakit selama 30 detik.

Bila cegukan masih tetap membandel, prosedur di atas bisa diulang. Biasanya cegukan ringan menghilang dengan sendirinya, namun bila cegukan tidak hilang dalam waktu yang lama perlu diadakan tindakan profesional karena dikhawatirkan disebabkan karena pengaruh penyakit seperti gagal ginjal.

Sumber: Gang Lin Yin, Zheng Hua Liu, Advanced Modern Chinese Acupuncture Therapy, New World Press

About isonetea

akupunkturis tinggal di Bogor. Blog ini adalah blog tidak berbayar sehingga tidak luput dari iklan, oleh karena itu mohon mahap bila ada iklan yang tidak sopan muncul di blog ini.
Gallery | This entry was posted in Kesehatan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s