Jagoan kok Ditaklukkan

Pengalaman bekerja di apotek ternyata memberikan sebuah pengetahuan yang membuat saya seram membayangkannya, karena begitu banyak orang membeli obat imunosupresan yang berupa obat anti inflamasi (anti radang).

Di tulisan saya yang berjudul “Sebuah Negara Dalam Tubuh Kita” ditulis betapa pentingnya sistem imun. Sistem imunitas kita terdiri dari monosit dan kawan-kawan (bagian dari leukosit atau sel darah putih) yang nantinya berubah menjadi makrofag yang bertugas menganalisa zat asing. Setelah itu terjadilah peristiwa pengusiran zat asing tersebut.

Di dalam buku Farmakologi dijelaskan mekanisme kerja dari obat imunosupressor (penekan sistem imun) adalah: (1) Menghambat proses fagositosis (”memakan” zat asing oleh makrofag) dan pengolahan Ag (antigen atau zat asing) oleh makrofag. (2) Menghambat pengenalan Ag oleh sel limfoid (yaitu sel T dan B limfosit). (3) Merusak sel limfoid. (4) Menekan diferensiasi dan proliferasi sel limfoid sehingga tidak terbentuk sel plasma penghasil antibodi atau pun sel-T. (5) Menghentikan produksi antibodi oleh sel plasma sertamelenyapkan sel T yang telah terbentuk.

Imunosupressor merupakan efek yang ditimbulkan oleh kortikosteroid yang merupakan salah satu obat yang telah lama digunakan dalam dunia kedokteran, yaitu sejak tahun 1950-an. Obat ini disebut juga obat dewa.

Sebenarnya kortikosteroid adalah hormon yang dihasilkan oleh korteks Adrenal yang letaknya pada kulit ginjal sebelah atas. Hormon ini penting untuk fungsi fisiologik dan metabolik dalam tubuh seperti mempengaruhi volume dan tekanan darah, kadar gula darah, otot dan resistensi tubuh. Berbagai jenis kortikosteroid sintetis telah dibuat dengan tujuan utama untuk mengobati asma, radang sendi, alergi, penyakit autoimun (sistim kekebalan tubuh menyerang organ tubuh sendiri), dll. Ratusan produk kortikosteroid sekarang telah tersedia di pasaran.

Efek samping jangka pendek obat ini adalah: peningkatan tekanan cairan di mata (glaukoma), retensi cairan, menyebabkan pembengkakan di tungkai, peningkatan tekanan darah, peningkatan deposit lemak di perut, wajah dan leher bagian belakang (orangnya jadi tambah tembem, istilahnya moon face)

Efek samping jangka panjang obat ini adalah: katarak, penurunan kalsium tulang yang menyebabkan osteoporosis dan tulang rapuh sehingga mudah patah, menurunkan produksi hormon oleh kelenjar adrenal, menstruasi tidak teratur, mudah terinfeksi dan penyembuhan luka yang lama (ini karena efek obat ini adalah memberangus sistem imun).

Obat-obat golongan kortikosteroid seperti prednison, dexametason dan hydrocortisone memiliki potensi efek terapi yang mantap dalam pengobatan berbagai penyakit seperti asma, lupus, rheumatoid arthritis dan berbagai kasus inflamasi lainnya. Tapi tentu saja efek sampingnya pun tidak kalah mantapnya.

Bisa kita bayangkan jika para jagoan yang menjaga keberlangsungan hidup kita diberangus, hanya karena kita lebih mementingkan pengobatan menghilangkan gejala daripada sumber penyakitnya, sudah tentu sistem pertahanan tubuh kita kian hari akan kian rentan terhadap penyakit. Karena tentara yang bertempur untuk mengusir musuh dilemahkan.

Selama di apotek, saya dan teman berusaha memberikan edukasi secara tidak langsung kepada masyarakat tentang penggunaan antibiotik dan antiradang yang rasional. Tapi para konsumen kadang ada yang bisa paham, ada juga yang dari raut wajahnya sudah begitu yakin dengan cara swamedikasi (mengobati sendiri) yang mereka tempuh sehingga saya dan teman enggan untuk menanyakan penyakitnya dan berusaha meluruskannya.

Sangatlah wajar bila kita merasa tersiksa dengan reaksi radang seperti rasa nyeri, panas, bengkak, merah dan gangguan fungsi pada daerah yang terkena radang. Untuk itu memang perlu diberikan pengobatan lain yang bersifat imunomodulator (meningkatkan daya tahan tubuh), bukan yang merusak sistem pertahanan tubuh kita agar para jagoan bisa terus bekerja mempertahankan tubuh kita dari invasi para mahluk halus (mikroorganisme).

About isonetea

akupunkturis tinggal di Bogor. Blog ini adalah blog tidak berbayar sehingga tidak luput dari iklan, oleh karena itu mohon mahap bila ada iklan yang tidak sopan muncul di blog ini.
Gallery | This entry was posted in Kesehatan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Jagoan kok Ditaklukkan

  1. Kabar Makkah says:

    kunjungan perdana. nice post gan !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s